Cara Mengatur Waktu agar Semua Pekerjaan Selesai dengan Cepat

 cara, mengatur, waktu, pekerjaan, selesai, cepat, jadwal, perusahaan

Cara mengatur waktu sangat penting untuk kita ketahui. Bagi sebagian orang, mengatur waktu merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Terkadang, saking banyaknya pekerjaan, kita menjadi kewalahan dalam mengatur waktu. Hal ini menyebabkan banyaknya pekerjaan kita yang terbengkalai.

Jika kita terbiasa lalai dalam mengatur waktu maka hal itu tentu saja akan berakibat sangat fatal terhadap diri kita. Dalam hal ini, kita akan mengalami banyak kerugian, seperti menumpuknya pekerjaan, kurang disukai di lingkungan kerja, stres meningkat, menurunnya kesehatan dan dapat menyebabkan kita dipecat dari perusahaan.

Jadi, sangat penting sekali bagi kita untuk mengatur. Jika kita sudah terbiasa mengatur waktu dengan baik maka semua pekerjaan kita akan selesai dalam waktu yang sudah ditentukan. Dengan begitu, fikiran kita menjadi tenang dan kita akan disukai di lingkungan kerja kita.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan tips tentang bagaimana cara mengatur waktu agar semua pekerjaan selesai dengan cepat. Tips ini saya dapat dari teman kuliah saya yang sangat mahir dalam mengatur waktu.

Jadi, pada waktu saya kuliah saya punya seorang teman, dia tinggal satu kost dengan saya. Berdasarkan pengalaman saya, dia adalah orang paling jago mengatur waktu. Selain itu, dia juga sangat ulet, dia selalu melakukan berbagai macam pekerjaan untuk membiayai kuliahnya sendiri.

saya sangat salut dengan cara dia mengatur waktu, meskipun kami dulu sama-sama kerja sambil kuliah, namun dia jauh lebih aktif dibanding saya. Kalau saya dulu waktu kuliah mencari kerja sampingan sebagai guru privat di lembaga pendidikan. Ketika itu, saya cuma kerja di malam hari, sedangkan dia bekerja sebagai admin dari jam 04.00 sampai jam 09.00 malam.

Pulang kerja, dia langsung mengerjakan tugas kuliah. Akhirnya, karena kegigihannya, dia bisa menjadi orang kedua yang tamat duluan di angkatan kami. Sedangkan saya adalah orang ketiga yang tamat setelah dia.

Saya selalu perhatikan rahasia dia mengatur waktu. Ternyata, rahasianya adalah membuat jadwal semua kegiatannya setiap hari di handphone. tidak ada satupun kegiatan yang tidak dicatatnya, sampai jadwal dia beli lauk pun dicatatnya juga. Jadwal itu lengkap dengan alarmnya.

Saya salut lihat dia mengatur waktu. Selain di HP, dia juga membuat jadwal kegiatannya di sticky note yang dia tempel di dinding kamarnya. Saya pernah menanyakan kepada dia, saya bilang ”Bagaimana cara kamu mengatur waktu jika kita ada 5 pekerjaan yang harus dikerjakan dalam waktu 3 jam”

Lalu dia menjawab ” Gini nico, kalau saya caranya masing masing pekerjaan kita berikan jatah waktu. Misalnya, pekerjaan 1 diberi waktu 30 menit, pekerjaan 2 diberi waktu 25 menit dan seterusnya, waktu kita atur sesuai dengan besar kerjanya.

Setelah waktunya kita atur, kemudian kita bikin alarm. Jika alarm sudah berbunyi maka pekerjaan 1 kita tinggalkan, selesai atau tidak selesai kita lanjut ke pekerjaan ke 2. Tujuan kita atur waktunya adalah supaya memacu diri kita agar setiap pekerjaan selesai pada waktu yang telah kita tentukan”

Setelah mendengar tips dari dia, kemudian saya berfikir sejenak. Dalam hati saya berkata "iya juga ya, sangat luar biasa sekali cara dia mengatur waktu, wajar saja setiap orang yang berjanji mau ketemu dengan dia tidak pernah kecewa. Dia tidak pernah terlambat menemui orang, meskipun dia menemui orang tersebut cuma pake sepeda.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat

Post a Comment

0 Comments